3 Cara Jitu Memilih Pasta Gigi yang Bagus untuk Kesehatan Oral

Karena banyaknya produk pasta gigi yang hadir di pasaran dengan berbagai kandungan dan manfaat berbeda, cukup banyak orang yang masih bingung dalam memilih produk yang tepat untuk digunakan. Karena kesehatan gigi dan mulut akan dijaga secara optimal ketika anda berhasil menemukan odol yang tepat. Tidak perlu khawatir, beberapa cara jitu berikut ini bisa anda coba praktikkan.

Cara Jitu Memilih Odol untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

  1. Pilih yang Kandungannya Sesuai Masalah Gigi

Seperti yang telah disinggung secara singkat di awal, ada banyak sekali produk odol dengan beragam kandungan di pasaran. Dimana perbedaan kandungan yang dimiliki tersebut membuat masing masing produk bisa digunakan untuk fungsi berbeda. Ada yang digunakan untuk merawat gigi sensitif, memutihkan gigi, mencegah kerusakan gigi, hingga mengatasi penyakit periodontal.

Oleh karenanya, lebih baik anda memilih odol yang mempunyai kandungan sesuai dengan masalah gigi. Dengan begitu masalah yang anda alami pada gigi dan gusi akan terselesaikan berkat produk tersebut. Misalnya untuk pencegahan gigi berlubang, anda bisa memilih produk dengan kandungan fluoride.

Pasalnya fluoride atau sodium monofluorophosphate, mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat plak. Plak sendiri merupakan sumber bakteri yang dapat menghasilkan zat asam hingga membuat gigi berlubang. Jadi bagi anda yang giginya mudah berlubang, disarankan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride lebih dari 1.000 ppm.

 

  1. Hindari Kandungan yang Bersifat Abrasif

Odol diformulasikan dengan berbagai kandungan bahan aktif. Oleh karena itu, tidak menampik kemungkinan bahwa di antara deretan bahan tersebut ada yang bersifat abrasif. Sebab meskipun kandungan abrasif mungkin bisa saja membantu menghilangkan noda pada gigi, namun kandungan tersebut dinilai kurang cocok apabila digunakan oleh pemilik gigi sensitif atau penderita penyakit periodontal.

Sebab kandungan yang bersifat abrasif ini bisa mengakibatkan kedua kondisi tersebut menjadi semakin parah. Sehingga anda yang berada dalam kategori sebaiknya menghindari bahan bahan yang bersifat abrasif. Jika khawatir dengan noda gigi, anda bisa menggunakan odol non abrasif dan abrasif yang dikombinasikan.

 

  1. Pilih yang Minim Busa

Cara jitu lainnya dalam memilih pasta gigi yang bagus untuk kesehatan oral yaitu dengan menjatuhkan pilihan pada produk minim busa. Kandungan yang mampu menciptakan busa memang tidak sampai memberikan efek samping negatif. Akan tetapi busa yang terlalu banyak dikhawatirkan bisa menutupi seluruh bagian gigi.

Sehingga ada kemungkinan busa tersebut dapat menutupi bagian yang belum anda sikat. Alhasil kotoran akan tetap menempel pada gigi hingga menjadi plak dan menyebabkan gigi berlubang. Itulah mengapa lebih baik untuk memilih produk yang minim busa. Apalagi banyak busa pun tidak langsung menjamin kebersihannya.

Terapkan beberapa cara di atas untuk memperoleh produk terbaik guna menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena menyikat minimal dua kali sehari saja tidak cukup. Namun anda juga perlu menggunakan produk yang bagus. Salah satu yang direkomendasikan yaitu Olaif Complete Care Toothpaste, karena dapat memutihkan gigi, melindungi dari plak dan gigi berlubang, serta merawat kesehatan mulut.

Leave a Reply